Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Sabtu, 30 Januari 2010

Perkembangan Teknologi masa kini

Diposting oleh Nadi Blog

Kemajuan peradaban berdampak luas pada kehidupan manusia


Dari hari ke hari, dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Setiap diri manusia berusaha ingin mengembangkannya setiap saat guna mendapatkan kepuasan yang diinginkan. Kepuasan yang bisa membuat mereka merasa nyaman dan bahagia di dunia ini. Kepuasan yang bisa membuat semua orang merasa lebih sejahtera.

Dulunya, manusia hanya menggunakan kuda atau sapi sebagai alat transportasi. Sekarang manusia bisa menaiki benda walaupun tak bernyawa, tetapi bisa jalan layaknya kuda atau hewan lainnya, bahkan lebih cepat dari itu. Yakni mobil. Dari tahun ke tahun, bermacam - macam mobil telah banyak dikembangkan. Dari mobil tua hingga ferrari. Semua berlangsung dengan begitu cepat tanpa kita perhitungkan.

Manusia diberi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa akal dan ilmu. Karena akal dan ilmu itulah yang membuat kita bisa mencapai taraf hidup yang lebih baik seperti sekarang. Akal dan ilmu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Akal dan ilmu yang dimiliki oleh manusia akan terus berkembang seiring dengan majunya peradaban. Seiring dengan banyaknya manusia menemukan hal - hal yang baru atau keajaiban - keajaiban baru di dunia. Mereka akan terus mengembangkan akal dan ilmunya demi menguak segala rahasia atau keajaiban di dunia ini. Demi mempelajari segala kenikmatan dan anugrah yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Semakin maju suatu peradaban, berarti perkembangan teknologi juga akan semakin pesat. Perkembangan teknologi dinilai sangat bermanfaat bagi kesejahteraan hidup manusia. Banyak macam teknologi yang sudah dikembangkan dan itu membuat hidup manusia dari hari ke hari semakin lebih baik.

Tetapi, tidak semua kemajuan teknologi membawa manfaat bagi kehidupan manusia. Seperti yang kita tahu sebelumnya bahwa "Tidak ada sesuatu yang sempurna kecuali Dia Yang Maha Kuasa". Disamping banyaknya manfaat yang bisa kita ambil, tapi kita juga akan memperoleh kerugian dari itu.

Seperti contoh, banyak kasus publikasi atas situs porno yang sering terjadi. Karena jaman ini sedang gencarnya mencanangkan "Maju Globalisasi". Jadi, segala pengaruh baik yang baik atau yang buruk akan dengan mudahnya mempengaruhi moral masyarakat. Disinilah letak sisi aspek kerugian dari perkembangan teknologi. Selain itu pula, bayak kasus penipuan yang terjadi dengan memakai media internet. Sungguh ini sangat membahayakan bagi kehidupan kita.

Masih banyak lagi kerugian yang akan ditimbulkan. Tapi, dibalik semua itu masih banyak terdapat keuntungan yang bisa kita manfaatkan. Jadi, sebagai manusia yang bermoral dan berpikiran luas, sudah sepatutnya kita bisa membedakan mana yang baik bagi kita dan yang buruk bagi kita. Itulah, hal yang terpenting yang harus kita sadari. Jangan kita dengan seenaknya menerima segala aspek buruk dari arus globalisasi. Kita manusia punya etika dan moral yang harus kita jaga dan kita terapkan kepada anak cucu kita kelak.

0 komentar:

Posting Komentar